Universitas Trunojoyo Madura (UTM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura. Universitas Trunojoyo Madura memiliki tujuh fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Sosial dan Bahasa, Fak. Teknik, Fak. Pertanian, Fak. Hukum, Fak. Ekonomi, Fak. Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Serta Fak. Ilmu-Ilmu Keislaman. Selain gedung fakultas untuk perkuliahan, Universitas Trunojoyo Madura juga didukung beberapa Unit Pelaksana Teknis yaitu BAAK, BAUK, LPPM, Pusat Komputer, Pusat Bahasa dan Laboratorium Terpadu. 
UPT Laboratorium Terpadu merupakan unit penunjang layanan pendidikan dan penelitian tingkat universitas. Keberadaan UPT Laboratorium Terpadu memiliki peran  dan fungsi yang sangat penting. UPT Laboratorium Terpadu bukan hanya merupakan tempat dan sarana untuk pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa dapat mempraktekkan secara empiris dalam belajar mengintegrasikan kemampuan kognitif, psikomotorik dan afektif, tetapi juga merupakan tempat pengembangan keilmuan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Menempati area seluas ± 500m2, Laboratorium Terpadu memiliki beberapa lokal yaitu Ruang Laboratorium Kimia, Ruang Laboratorium Fisika, Ruang Laboratorium Biologi, Ruang Balance, Ruang Preparasi, Ruang Bahan, Gudang, dan Administrasi. Di masa yang akan datang, luas area Laboratorium Terpadu akan mengalami perluasan serta penambahan dan pengembangan lokal ruang terkait dengan pengembangan laboratorium menuju laboratorium jasa layanan analisa.
Informasi lebih lanjut untuk layanan :
 - Pengujian (klik disini)
 - Praktikum (klik disini)