UPT Laboratorium Terpadu melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bertema Kualitas Air dengan judul kegiatan Analisa Kualitas Air Di Desa Gili Anyar Kecamatan Kamal dan Cara Penjernihan Air Untuk Mendapatkan Air Yang Berkualitas.

Kegiatan ini dilaksanakan di desa Gili Anyar Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan dengan dihadiri warga dan pengurus PKK Desa Gili Anyar.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka program kegiatan pengabdian masyarakat UPT Laboratorium Terpadu Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan dilaksanakan di Desa Gili Anyar Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Jumlah peserta yang hadir 220 orang dengan rincian 200 warga dan 20 orang pengurus PKK aktif dari beberapa POKJA PKK di desa Gili Anyar. Rombongan disambut dengan baik  oleh Ibu Kepala Desa Ny Masdali dan pengurus PKK Aktif.

Penyampaian materi disampaikan oleh PLP UPT Laboratorium Terpadu Ratri Diah Muktisari dan Faida Amaliyah. Materi yang disampaikan adalah mengenai hasil uji fisik kualitas air yang ada di lingkungan desa Gili Anyar , dari hasil pengujian didapat hasil sesuai dengan SNI. Kesimpulan yang didapat air yang ada di desa Gili Anyar tidak tercemar dan aman untuk digunakan sebagai keperluan sehari hari. Akan tetapi masalah yang ada adalah jika musim kemarau muncul maka air yang ada di sumur warga adalah air yang keruh dan tidak jernih.

Permasalahan inilah yang coba di selesaikan oleh tim pengabdian masyarakat UPT Laboratorium Terpadu. Metode yang digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah cara penjernihan air dengan menggunakan metode sederhana. Salah satu alasan diambilnya metode ini adalah dikarenakan bahan yang digunakan mudah dan proses pembuatannya juga sangat mudah. Pada kegiatan ini peserta diajak untuk mempraktekkan langsung cara penjernihan air menggunakan metode sederhana penyaringan.

Peserta antusias mendengarkan dan mempraktekkan percobaan penjernihan air. Metode yang diterapkan sangat sederhana yaitu dengan menggunakan beberapa bahan antara lain :

  1. Botol Plastik
  • Spon cuci
  • Ijuk
  • Serabut Kelapa
  • Arang
  • Kerikil kecil
  • Air Keruh

Cara pembuatannya :

  1. Ambil botol plastik kosong
  2. Potong bagian bawah botol
  3. Lubangi bagian tutup botol
  4. Isi botol dengan urutan, spon, ijuk, arang, sabut kelapa, kerikil, air
  5. Tampung di bak penampung
  6. Amati hasil Penyaringan

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan coba mempraktekkannya dari beberapa kelompok ada 3 kelompok yang berhasil membuat dengan mendapatkan hasil air yang jernih. Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari warga dan dari pengurus PKK, diharapkan diadakan lagi kegiatan seperti ini kedepannya, dan materi kegiatan ini akan diterapkan dalam kehidupan sehari hari warga

Suasana Penyampaian materi
Peserta mempraktekkan pembuatan alat penjernih air sederhana

Peserta mempraktekkan pembuatan alat penjernih air sederhana
Peserta antusias mendengarkan materi
Pemateri bersama dengan tim Penggerak PKK desa Gili Anyar
Praktek Penjernihan Air dengan Metode Sederhana

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT