Dalam rangka peningkatan pelayanan pendidikan dan pengembangan pengujian laboratorium, pada tanggal 19 - 20 Juli 2018, UPT Lab Terpadu UTM melakukan studi banding ke UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (C-DAST) dan Fakultas Pertanian UNEJ. Kunjungan ini dimaksudkan untuk dapat melihat dan sharing pengetahuan tentang pengelolaan laboratorium pengujian dan pendidikan. Pada kegiatan tersebut rombongan dari UPT Lab Terpadu UTM berjumlah 7 orang yang terdiri dari Kepala UPT Lab Terpadu UTM, 3 orang PLP, 1 orang Teknisi, 1 orang tenaga administrasi . “Kami disini membawa serta tim laboratorium terpadu UTM untuk studi banding dan menimba ilmu. Mudah-mudahan bisa menjadi sarana pembelajaran kami semua,” ujar Ka UPT Labter UTM, Dr. Agr.Eko Setiawan,SP.,M.Si.

Hari pertama kunjungan, Kamis tanggal 19 Juli 2018,rombongan UPT Lab Terpadu UTM melakukan kunjungan ke UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (C-DAST).
Rombongan disambut oleh Kepala UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (C-DAST) Prof. Ir. Bambang Sugiharto, M.Agr.,D.Agr, Kepala Laboratorium Layanan Dr. Tri Handoyo, S.P dan segenap PLP, Teknisi dan administrasi di lingkungan UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (C-DAST) UNEJ.

Pada sambutannya Ka UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (C-DAST) menyampaikan visi misi yaitu “UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (C-DAST) mempunyai tugas melaksanakan layanan laboratorium sentral sains dan rekayasa untuk program pendidikan ,penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”.
Ka UPT Labter UTM kemudian melanjutkan sambutan dengan pengenalan UPT Lab Terpadu UTM meliputi, visi misi, struktur organisasi, sarana prasarana, dan layanan pengujian dan pendidikan.  Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi terkait manajemen laboratorium dan layanan pengujian. Acara selanjutnya adalah kunjungan kemasing masing laboratorium di UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (C-DAST) UNEJ.

Pada kunjungan hari kedua, Jumat tanggal 20 Juli 2018, UPT Lab Terpadu UTM melakukan kunjungan ke Fakultas Pertanian UNEJ, rombongan disambut oleh Wadek I, Dr. Ir. Hj. EvitaSoliha Hani, M.P dan Wadek III, Ir. Abdul Majid, MP beserta Ka Prodi, Ka Lab di lingkungan Fakultas Pertanian UNEJ.
 
Pada sambutannya Wadek I FP UNEJ menyampaikan bahwa Fakultas Pertanian memiliki 5 Prodi jenjang S1, 3 Prodi Jenjang S2, dan 1 Prodi Jenjang S3 dan memiliki 27 laboratorium pendidikan. Wadek I mewakili Dekan menyambut kedatangan rombongan UPT Lab TerpaduUTM, beliau merasa senang atas kunjungan ini dan sebisa mungkin membantu memberikan informasi yang dibutuhkan guna pengembangan UPT Lab Terpadu UTM khususnya di layanan pendidikan (praktikum).
Ka UPT Labter UTM  kemudian melanjutkan sambutan dengan pengenalan rombongan yang ikut kunjungan, serta menyampaikan bahwa tujuan studi banding ke Fakultas Pertanian UNEJ adalah Manajemen Layanan Pendidikan khususnya praktikum, dan Ka UPT Labter UTM mohon ijin selain mengunjungi laboratorium yang ada di Fakultas Pertanian juga melakukan kunjungan ke Agrotechnopark UNEJ. Dari kunjungan ke UNEJ diharapkan kedepan penataan dan pelayanan di Lab Terpadu UTM akan semakin baik.
Studi banding UPT Laboratorium Terpadu Universitas Trunojoyo ke Center for Development of Advanced Science and Technology (CDAST) dan Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Jember